Gambaran Kepercayaan Diri Anggota Ekstrakurikuler Paskibra SMAN 1 Ngimbang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5606Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri anggota ekstrakurikuler paskibra SMAN 1 Ngimbang. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling dengan subjek berjumlah dua subjek sekaligus informan guru untuk menguatkan data penelitian. Dengan memiliki karakteristik, yaitu: Siswa SMAN 1 Ngimbang yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra, siswa SMA dengan rentang usia 16 – 18 tahun yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara in-dept interview observasi keterlibatan observer. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan model Miles dan Huberman sebagai berikut: 1) Reduksi Data (Data Reduction) 2) Penyajian Data (Data Display) 3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing/Verification). Pengujian kredibilitas data menggunakan uji triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek menunjukkan sikap Kepercayaan Diri ; (1) Keyakinan kemampuan diri, (2) Optimis, (3) Objektif, (4) Bertanggung jawab, (5) Rasional dan realistis serta cara meningkatkan Kepercayaan Diri dengan menunjukkan keberhasilan yang telah diraihnya. Sedangkan implementasi penelitian ini adalah dapat dijadikan bahan masukan bagi pelatih untuk memanfaatkan aspek keyakinan kemampuan diri dalam mengarahkan sikap positif.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Bramantiyo, . N. N. ., & Amelasasih, P. . (2022). Gambaran Kepercayaan Diri Anggota Ekstrakurikuler Paskibra SMAN 1 Ngimbang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1768–1774. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5606
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nanda Novita Bramantiyo, Prianggi Amelasasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).