Gambaran Kepercayaan Diri Anggota Ekstrakurikuler Paskibra SMAN 1 Ngimbang

Authors

  • Nanda Novita Bramantiyo Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Prianggi Amelasasih Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri anggota ekstrakurikuler paskibra SMAN 1 Ngimbang. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling dengan subjek berjumlah dua subjek sekaligus informan guru untuk menguatkan data penelitian. Dengan memiliki karakteristik, yaitu: Siswa SMAN 1 Ngimbang yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra, siswa SMA dengan rentang usia 16 – 18 tahun yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara in-dept interview observasi keterlibatan observer. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan model Miles dan Huberman sebagai berikut: 1) Reduksi Data (Data Reduction) 2) Penyajian Data (Data Display) 3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing/Verification). Pengujian kredibilitas data menggunakan uji triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek menunjukkan sikap Kepercayaan Diri ; (1) Keyakinan kemampuan diri, (2) Optimis, (3) Objektif, (4) Bertanggung jawab, (5) Rasional dan realistis serta cara meningkatkan Kepercayaan Diri dengan menunjukkan keberhasilan yang telah diraihnya. Sedangkan implementasi penelitian ini adalah dapat dijadikan bahan masukan bagi pelatih untuk memanfaatkan aspek keyakinan kemampuan diri dalam mengarahkan sikap positif.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Bramantiyo, . N. N. ., & Amelasasih, P. . (2022). Gambaran Kepercayaan Diri Anggota Ekstrakurikuler Paskibra SMAN 1 Ngimbang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1768–1774. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5606

Most read articles by the same author(s)