Self-Esteem Pada Remaja Akhir Yang Menggemari Selebgram
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4275Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi self-esteem pada remaja akhir yang menggemari selebgram. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan subjek berjumlah dua subjek yang memiliki karakteristik, yaitu: remaja akhir perempuan berusia 18-21 tahun, aktif di media sosial Instagram selama 3 tahun terakhir, menggemari selebgram dan mengikuti akun selebgram tersebut di akun media sosial Instagram-nya minimal tiga konten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan observasi partisipasif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data dengan jenis pengujian triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kondisi self-esteem antara kedua subjek. Subjek LU (19 tahun) memiliki self-esteem yang rendah, sedangkan subjek RM (21 tahun) memiliki self-esteem yang tinggi.Downloads
Published
2022-05-17
How to Cite
Sholich, Z. M. ., & Amelasasih, P. . (2022). Self-Esteem Pada Remaja Akhir Yang Menggemari Selebgram. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 130–136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4275
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zamrotul Madiniatus Sholich, Prianggi Amelasasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).