Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisplinan Siswa di SMA Negeri 1 Brebes
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5524Abstract
Latar belakang yang dari penelitian ini adalah karena fenomena kedisiplinan yang dimiliki siswa/siswi di SMA Negeri 1 Brebes. Faktor kedisiplinan yang diteliti antara lain: kedisiplinan dalam mengatur waktu, kedisiplinan dalam berpakaian, kedisiplinan dalam berpenampilan, kedisiplinan dalam bersikap kepada sesama hingga bapak/ibu guru di SMA Negeri 1 Brebes. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah seorang ketua osis dan ketua paskibra di SMA Negeri 1 Brebes. Sedangkan pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil wawancara dikelompokkan dalam tabel koding persiswa, tabel koding memuat raw data, preliminary codes dan final codes, kemudian menghasilkan data akhir koding umum subjek 1 dan subjek 2. Sehingga didapatkan hasil faktor-faktor apa sajakah yang membuat subjek 1 dan subjek 2 memiliki sikap kedisiplinan dalam dirinya. Berdasarkan temuan dari penelitian terkait faktor-faktor kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Brebes dari awal sampai akhir dapat digolongkan menjadi empat faktor antara lain: faktor siswa, faktor keluarga, faktor guru dan faktor sekolah, dan dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor dengan intensitas yang dominan dalam mempengaruhi kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Brebes adalah faktor internal dari siswa tersebut.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Perwira, . A. N. P. ., Fitriana, S. ., & Mujiyono, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisplinan Siswa di SMA Negeri 1 Brebes. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1393–1396. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5524
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Afrida Nugraha Putri Perwira, Siti Fitriana, Mujiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).