Pengembangan Game Athena Versi 1.0 Sebagai Edukasi Cyberbullying Pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6089Abstract
Cyberbullying baik di pendidikan maupun social media, angkanya mencapai 2.473 laporan dan tren nya terus meningkat. Melalui kajian tersebut, perkembangan sosio-emosional remaja baik pelaku maupun korban bullying tidak lepas dari faktor pendukung yaitu teknologi. Teknologi yang semakin cepat bertumbuh memiliki dampak positive dan negative. Berdasarkan fakta data yang telah ditemukan melalui telaah pustaka maka disusunlah penelitian untuk memberikan edukasi cyberbullying dengan menerapkan teori belajar behavioristic dimana individu yang memiliki kecenderungan sebagai pelaku sekaligus korban cyberbullying akan melakukan serangkaian game untuk melihat tingkat kecenderungan sebagai pelaku cyberbullying, korban cyberbullying, dan pengetahuan mengenai cyberbullying. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil dari pengembangan Game Athena versi 1.0 ini adalah valid digunakan untuk menjadi game edukasi cyberbullying pada remaja dengan tingkat kevalidan 58% pada materi cyberbullying, 70% pada kesesuain dengan remaja, dan 88% pada media game edukasi. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan juga terdapat kenaikan pengetahuan terhadap cyberbullying.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Pangestuti, W. N. I., Fitriana, S. ., & Dian, M. P. . (2022). Pengembangan Game Athena Versi 1.0 Sebagai Edukasi Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3876–3879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6089
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widya Nurani Indah Pangestuti, Siti Fitriana, MA. Primaningrum Dian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).