Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Kepribadian Siswa MAN 2 Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13721Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok, aspek perkembangan, capaian layanan, tujuan umum pemberian layanan, metode pemberian layanan dan muatan materi layanan bimbingan kelompok di kelas XII IPS 1 MAN 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, informan penelitian berjumlah 6 anggota kelompok dan 1 pemimpin kelompok dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan serta data yang terkumpul dicek keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya pembentukan kepribadian melalui program bimbingan kelompok. Terlihat dari layanan yang dijalankan yaitu adanya aspek perkembangan yaitu landasan perilaku etis, capaian layanan siswa dapat mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan umat manusia, tujuan umum pemberian layanan peserta didik mampu mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik, metode yang diberikan dalam layanan bimbingan kelompok ialah problem based learning, dengan muatan materi layanan yaitu berkenaan dengan kepribadian (personality). Jadi dari pemberian layanan bimbingan kelompok yang telah diberikan oleh pemimpin kelompok mampu membentuk kepribadian dalam diri siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Kata Kunci: Kepribadian, Bimbingan Kelompok.Downloads
Published
2023-04-13
How to Cite
Lia, A. K. D., Fitriana, S. ., & Maretha, T. U. . (2023). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Kepribadian Siswa MAN 2 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4192–4195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13721
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amalia Kesuma Dewi Lia, Siti Fitriana, Tsalitsia Urfy Maretha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).