Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Terhadap Pemahaman Bahaya Minuman Keras Peserta Didik Kelas XI SMA Institut Indonesia

Authors

  • Aofa Soryakhusna Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Mujiyono Mujiyono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13451

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: 1) terdapat beberapa peserta didik pernah mengkonsumsi minuman keras, yaitu sebesar 19% dalam kategori sangat kurang; 2) peserta didik yang memahami jenis-jenis minuman keras hanya sebesar 23% masih dalam kategori kurang; dan 3) pemberian layanan bimbingan kelompok sudah pernah dilaksanakan, akan tetapi terkait pemahaman bahaya minuman keras belum dilaksanakan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik kelas XI SMA Institut Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA berjumlah 51 peserta didik, terdiri dari kelas XI MIPA 1 berjumlah 25 peserta dan kelas XI MIPA 2 berjumlah 26 peserta. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 di SMA Institut Indonesia berjumlah 26 peserta. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan angket pemahaman bahaya minuman keras. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji Paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik kelas XI SMA Institut Indonesia. Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik kelas XI SMA Institut Indonesia, diperoleh perbedaan rata-rata mean pre-test sebesar 79,85 atau 80% dan rata-rata mean post-test sebesar 94,65 atau 95%, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 14,808 atau 15%. Kata kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming, Pemahaman Bahaya Minuman Keras

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Soryakhusna, A., Fitriana, S., & Mujiyono, M. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Terhadap Pemahaman Bahaya Minuman Keras Peserta Didik Kelas XI SMA Institut Indonesia . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2320–2330. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13451