Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Terhadap Pemahaman Bahaya Minuman Keras Peserta Didik Kelas XI SMA Institut Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13451Abstract
Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: 1) terdapat beberapa peserta didik pernah mengkonsumsi minuman keras, yaitu sebesar 19% dalam kategori sangat kurang; 2) peserta didik yang memahami jenis-jenis minuman keras hanya sebesar 23% masih dalam kategori kurang; dan 3) pemberian layanan bimbingan kelompok sudah pernah dilaksanakan, akan tetapi terkait pemahaman bahaya minuman keras belum dilaksanakan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik kelas XI SMA Institut Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA berjumlah 51 peserta didik, terdiri dari kelas XI MIPA 1 berjumlah 25 peserta dan kelas XI MIPA 2 berjumlah 26 peserta. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 di SMA Institut Indonesia berjumlah 26 peserta. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan angket pemahaman bahaya minuman keras. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji Paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik kelas XI SMA Institut Indonesia. Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming terhadap pemahaman bahaya minuman keras peserta didik kelas XI SMA Institut Indonesia, diperoleh perbedaan rata-rata mean pre-test sebesar 79,85 atau 80% dan rata-rata mean post-test sebesar 94,65 atau 95%, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 14,808 atau 15%. Kata kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming, Pemahaman Bahaya Minuman KerasDownloads
Published
2023-01-04
How to Cite
Soryakhusna, A., Fitriana, S., & Mujiyono, M. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Terhadap Pemahaman Bahaya Minuman Keras Peserta Didik Kelas XI SMA Institut Indonesia . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2320–2330. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13451
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Aofa Soryakhusna, Siti Fitriana, Mujiyono Mujiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).