Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas X IPA Di SMA N 2 Cepu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7662Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang mengalami masalah hambatan dalam efikasi diri siswa yang rendah seperti cemas saat menghadapi ulangan mendadak, tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki seperti tidak yakin dengan hasil yang dikerjakan dan ketika menghadapi kesulitan sering putus asa. Para siswa terlihat tidak memperhatikan pada saat guru sedang menjelaskan pelajaran di depan kelas dan cendrung berbicara dengan temannya atau membuat keributan ketika guru tidak di kelas, jika diberikan soal yang mereka anggap sulit mereka tidak menyelesaikannya dan tidak memiliki hasrat atau keinginan untuk menyelesaikan tugas tersebut, para siswa juga memiliki masalah dengan sosialisasi pelajaran, sering membolos pada saat mata pelajaran tertentu karena malas untuk mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap efikasi diri siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimen Design menggunakan model pretes dan posttes kontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ipa SMA N 2 Cepu yang berjumlah 144 siswa dan sampel penelitian ini sebagai kelas try out dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas X IPA 1 sebanyak 30 siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui, wawancara dan skala psikologis. berdasarkan perhitungan uji t diperoleh hasil thitung sebesar 3,7 sementara ttabel dengan db=(n1+n2)-2 =(15+15)-2 =28 dan taraf signifikansi 5%(0,05) sebesar 2,048. Berarti thitung (3,7) > ttabel (2,048), maka hipotesis alteternatif (Ha) yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas X IPA SMA N 2 Cepu”.Downloads
Published
2022-10-18
How to Cite
Trianisa, . T., Fitriana, S. ., & Ajie, . G. R. . (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas X IPA Di SMA N 2 Cepu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6100–6107. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7662
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Trianisa, Siti Fitriana, G. Rahastono Ajie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).