Tantangan Pendidik Di Era Pasca Pandemi

Authors

  • Najwa Nadhira Harahap UIN Sumatera Utara
  • Ira Suryani UIN Sumatera Utara
  • Nurmawaty Hasugian UIN Sumatera Utara
  • Padia Azzahra Hutasuhut UIN Sumatera Utara
  • Ikhsan Prasetyo UIN Sumatera Utara
  • Rabiatul Rabiatul UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.16420

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan peristiwa dimana merebaknya virus corona 2019 sangat mempengaruhi lembaga pendidikan di seluruh tanah air. Selama musibah wabah virus ini, pendidikan banyak terjadi perubahan, misalnya pendidikan jarak jauh atau pendidikan online. Masa pandemi berhasil menciptakan hal yang baru dimana menjadi tantangan bagi seluruh pendidik, khususnya disaat beradaptasi dengan kondisi belajar dan kebutuhan siswa. Maksud  dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pandangan guru dalam menangani tantangan yang mereka hadapi selama pandemi. Bahan dan metode artikel ini  menggunakan pemaparan informasi dengan menganalisis data berupa analisis hasil. Hasil dari pengkajian ini menunjukkan adanya tantangan yang dihadapi oleh pendidik selama mengajar siswa setelah terjadinya wabah ini, misalnya  mengatur  pemahaman siswa yang berbeda beda dalam tingkat keterampilan, menyelesaikan masalah dan problem siswa yang berkaitan dengan akademis serta cara memotivasi mereka. Studi ini menunjukkan bahwasanya guru wajib memaksimalkan fleksibilitas dan kreativitasnya untuk siap merasakan tantangan pendidikan di masa stelah pandemi.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Harahap, N. N. ., Suryani, I. ., Hasugian, N. ., Hutasuhut, P. A. ., Prasetyo, I. ., & Rabiatul, R. (2021). Tantangan Pendidik Di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 272–289. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.16420

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)