Tantangan Pendidik Di Era Pasca Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.16420Abstract
Pandemi COVID-19 merupakan peristiwa dimana merebaknya virus corona 2019 sangat mempengaruhi lembaga pendidikan di seluruh tanah air. Selama musibah wabah virus ini, pendidikan banyak terjadi perubahan, misalnya pendidikan jarak jauh atau pendidikan online. Masa pandemi berhasil menciptakan hal yang baru dimana menjadi tantangan bagi seluruh pendidik, khususnya disaat beradaptasi dengan kondisi belajar dan kebutuhan siswa. Maksud dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pandangan guru dalam menangani tantangan yang mereka hadapi selama pandemi. Bahan dan metode artikel ini menggunakan pemaparan informasi dengan menganalisis data berupa analisis hasil. Hasil dari pengkajian ini menunjukkan adanya tantangan yang dihadapi oleh pendidik selama mengajar siswa setelah terjadinya wabah ini, misalnya mengatur pemahaman siswa yang berbeda beda dalam tingkat keterampilan, menyelesaikan masalah dan problem siswa yang berkaitan dengan akademis serta cara memotivasi mereka. Studi ini menunjukkan bahwasanya guru wajib memaksimalkan fleksibilitas dan kreativitasnya untuk siap merasakan tantangan pendidikan di masa stelah pandemi.Downloads
Published
2021-08-31
How to Cite
Harahap, N. N. ., Suryani, I. ., Hasugian, N. ., Hutasuhut, P. A. ., Prasetyo, I. ., & Rabiatul, R. (2021). Tantangan Pendidik Di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 272–289. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.16420
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Najwa Nadhira Harahap, Ira Suryani, Nurmawaty Hasugian, Padia Azzahra Hutasuhut, Ikhsan Prasetyo, Rabiatul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).