Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPK St. Gabriel Ndona
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15291Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPK ST. Gabriel Ndona. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian one grup eksperimen desain (one group, pretest post-test). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPK St. Gabriel Ndona yang berjumlah 29 orang dan sekaligus dijadikan sebagai sampel, cara yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif. Analisis data menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMPK ST. Gabriel Ndona. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar aspek kognitif sebesar 85,52, untuk hasil belajar aspek afektif siswa sebesar 87,66 dan hasil belajar aspek psikomotorik siswa yaitu sebesar 88,14. Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sampel t-test), maka dapat diperoleh hasil bahwa Sig. (2 tailed)= 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.Downloads
Published
2023-06-04
How to Cite
De Santa, M. ., Mete, Y. Y. ., & H. Daud, M. . (2023). Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPK St. Gabriel Ndona. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 271–279. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15291
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Maria De Santa, Yuliana Yenita Mete, Maimunah H. Daud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).