Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDK Woloora Kecamatan Ende Kabupaten Ende
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11410Abstract
Berdasarkan hasil observasi bahwa penggunaan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas kurang inovatif sehingga rendahnya prestasi belajar siswa kelas 1V SDK Woloora. Maka solusi yang diberikan dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDK Woloora Kabupaten Ende. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas 1V SDK Woloora. Objek penelitian SDK Woloora, Ende, Kabupaten Ende. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa prestasi belajar siswa pada saat pra tindakan sebesar 42,85% berada pada kategori rendah, siklus I sebesar 57,29% berada pada kategori sedang, siklus II 100 berada pada ketegori tinggi%. Pemahaman mahasiswa rata-rata kelas pra tindakan 61.07%, siklus 83,44%, siklus II 93,33%. Kesimpulan dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDK Woloora Kabupaten Ende.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Mete, Y. Y. ., & Gago, J. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDK Woloora Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2828–2841. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11410
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yuliana Yenita Mete, Jumilah Gago
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).