Penggunaan Media Diorama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ndona

Authors

  • Nadrahwati Binti Muthalib Universitas Flores
  • Maimunah H. Daud Universitas Flores
  • Veronika P.S. M Wae Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15582

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media diorama dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Ndona. Jenis peneliti?n y?ng digun?k?n ?d?l?h eksperimen deng?n pendek?t?n ku?ntit?tif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 1 Ndona yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 156 orang, dan sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau (0,0000,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Ndona

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Muthalib, N. B. ., H. Daud, M. ., & M Wae, V. P. (2023). Penggunaan Media Diorama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ndona. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 296–305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15582