Pengaruh Pemanfaatan Lingkuangan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Sokoria

Authors

  • Efintus Gerin Lando Universitas Flores
  • Yuliana Yenita mete Universitas Flores
  • Ainun Jariyah Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15580

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Sokoria. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan  desain penelitiannya yaitu one grup pretest-posttest design(Sugiyono, 2018:74). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Sokoria berjumlah 30 siswa  dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai penggunakan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Analisis data menggunakan paired sample t-test.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Sokoria. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest sebelum diberikan perlakuan 29,96% sedangkan nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan pembelajaran memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar meningkat menjadi 87,29%. Selain itu berdasarkan uji hipotesis paired sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Lando, E. G. ., mete, Y. Y. ., & Jariyah, A. . (2023). Pengaruh Pemanfaatan Lingkuangan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Sokoria. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 289–295. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15580