Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS di SDI Kurumboro Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5742Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan metode jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI Kurumboro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SDI Kurumboro yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes, dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa dari hasil tes awal peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 3 orang dari 10 orang dengan persentase 30% serta rata-rata secara klasikal mencapai 59, siklus I yang mendapatkan nilai yang tuntas sebanyak 5 orang dari 10 orang dengan persentase mencapai 50% serta rata-rata secara klasikal mencapai 62, dan siklus II semua peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dengan persentase 100% serta rata-rata secara klasikal mencapai 82. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV SDI Kurumboro Kecamatan Ende Timur Kabupaten EndeDownloads
Published
2022-07-30
How to Cite
Welu, . F. ., & Mete, Y. Y. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS di SDI Kurumboro Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2215–2226. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5742
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Felix Welu, Yuliana Yenita Mete
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).