Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS di SDI Kurumboro Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende

Authors

  • Felix Welu Universitas Flores
  • Yuliana Yenita Mete Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5742

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan metode jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI Kurumboro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SDI Kurumboro yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes, dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa dari hasil tes awal peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 3 orang  dari 10 orang dengan persentase 30% serta rata-rata secara klasikal mencapai 59, siklus I yang mendapatkan nilai yang tuntas sebanyak 5 orang dari 10 orang dengan persentase mencapai 50% serta rata-rata secara klasikal mencapai 62, dan siklus II semua peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dengan persentase 100% serta rata-rata secara klasikal mencapai 82. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV SDI Kurumboro Kecamatan Ende Timur  Kabupaten Ende

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Welu, . F. ., & Mete, Y. Y. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS di SDI Kurumboro Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2215–2226. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5742