Development of Islamic Education Institutions through Islamic Boarding Schools Economics

Authors

  • Farid Ardyansyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Dismita Citra Dewi STEBIS Pagar Alam
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Emiliyan Mamuki Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo
  • Afif Alfiyanto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11701

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan lembaga pendidikan Islam melalui ekonomi pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kajian pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan sumber-sumber data dari buku dan artikel yang berkaitan tentang pengembangan lembaga pendidikan islam dan ekonomi pesantren. Berdasarkan hasil kajian pustaka, bentuk ekonomi pesantren di Indonesia secara umum ada delapan, yaitu kantin (koperasi), perkebunan sayur, peternakan unggas, peternakan ikan, penyewaan aula, bengkel, persawahan dan usaha pertokoan seperti toko bangunan, toko sembako, dan lain-lain. Sedangkan pengembangan lembaga pendidikan islam menggunakan model Planing, Organizing, Actuating dan Controling. Pengembangan lembaga pendidikan Islam melalui ekonomi pesantren menggunakan metode trilogy kualitas dengan bentuk penyediaan gedung, pendirian lembaga pendidikan tingkat lanjut dan pemenuhan sarana-prasarana. Kontribusi ekonomi pesantren dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam dapat mencukupi sarana prasarana lembaga pendidikan, membiayai keperluan pendidikan, gaji tenaga pendidik serta tenaga kependidikan, dan peningkatan kualitas lembaga pendidikan.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Ardyansyah, F. ., Dewi, D. C. ., Nurhayati, N., Emiliyan Mamuki, & Alfiyanto, A. . (2023). Development of Islamic Education Institutions through Islamic Boarding Schools Economics. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4796–4805. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11701

Most read articles by the same author(s)