Development of Islamic Education Institutions through Islamic Boarding Schools Economics
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11701Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan lembaga pendidikan Islam melalui ekonomi pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kajian pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan sumber-sumber data dari buku dan artikel yang berkaitan tentang pengembangan lembaga pendidikan islam dan ekonomi pesantren. Berdasarkan hasil kajian pustaka, bentuk ekonomi pesantren di Indonesia secara umum ada delapan, yaitu kantin (koperasi), perkebunan sayur, peternakan unggas, peternakan ikan, penyewaan aula, bengkel, persawahan dan usaha pertokoan seperti toko bangunan, toko sembako, dan lain-lain. Sedangkan pengembangan lembaga pendidikan islam menggunakan model Planing, Organizing, Actuating dan Controling. Pengembangan lembaga pendidikan Islam melalui ekonomi pesantren menggunakan metode trilogy kualitas dengan bentuk penyediaan gedung, pendirian lembaga pendidikan tingkat lanjut dan pemenuhan sarana-prasarana. Kontribusi ekonomi pesantren dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam dapat mencukupi sarana prasarana lembaga pendidikan, membiayai keperluan pendidikan, gaji tenaga pendidik serta tenaga kependidikan, dan peningkatan kualitas lembaga pendidikan.Downloads
Published
2023-01-19
How to Cite
Ardyansyah, F. ., Dewi, D. C. ., Nurhayati, N., Emiliyan Mamuki, & Alfiyanto, A. . (2023). Development of Islamic Education Institutions through Islamic Boarding Schools Economics. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4796–4805. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11701
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Farid Ardyansyah; Dismita Citra Dewi, Nurhayati Nurhayati, Emiliyan Mamuki, Afif Alfiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).