Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Terhadap Pelajaran PAI Di Kelurahan 12 Ulu Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4227Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar anak terhadap pelajaran PAI di Kelurahan 12 Ulu Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawabcara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Lokasi penelitian ada di Kelurahan 12 Ulu Palembang sebagai tempat pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah 1) penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, yaitu: a) materi yang diajarkan adalah materi adab makan dan adab kepada orangtua; b) materi disampaikan dan dipraktekan oleh guru dengan penjelasan yang mudah dipahami; dan c) anak-anak di kelurahan 12 Ulu langsung mempraktekan mengikuti arahan guru. 2) upaya guru meningkatkan motivasi anak dalam mempelajarai PAI, yaitu a) memperjelas tujuan yang ingin dicapai; b) membangkitkan minat belajar anak dengan berbagai macam metode pembelajaran; c) ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar; d) menggunakan variasi metode penyajian yang menarik; e) memberikan pujian yanbg wajar untuk setiap keberhasilan anak; f) berikan penilaian dan stiker bintang sebagai apresiasi kepada anak yang aktif dan berani maju ke depan;Â dan g) menciptakan suasana persaingan dan kerjasama dengan ice breaking dan permainan perkelompok.Downloads
Published
2022-05-01
How to Cite
Maryance, Muhammad Guntur, Andrias, Zahratul Hayati, & Alfiyanto, A. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Terhadap Pelajaran PAI Di Kelurahan 12 Ulu Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 26–29. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4227
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maryance, Muhammad Guntur, Andrias, Zahratul Hayati, Afif Alfiyanto,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).