Usaha Pembentukan Karakter Santri: Studi Komparatif Pondok Pesantren Darul Ulum Air Pacah Dengan Perguruan Ar-Risalah Air Dingin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12195Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa pentingnya pembentukan karakter terhadap peserta didik, terutama bila dikaitkan dengan hakikat manusia dan tujuan pendidikan Islam, maka pembentukan karakter menjadi sesuatu yang tidak bisa dikesampingkan dalam kehidupan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan usaha pembentukan karakter santri melalui integrasi pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan budaya pondok/sekolah: Studi komparatif di pondok pesantren Darul Ulum Air Pacah dengan Perguruan Ar-Risalah Air Dingin Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) adapun pondok pesantren Darul Ulum Air Pacah adalah mengintegrasikan nilai karakter ke dalam proses pembelajaran melalui RPP dan Silabus saja. Sedangkan nilai-nilai karakter hanya sebagian yang diterapkan di pondok pesantren Darul Ulum Air Pacah yang berdasarkan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional. Selanjutnya, di perguruan Islam Ar-Risalah Air Dingin usaha pembentukan karakter adalah mengintegrasikan nilai karakter tidak hanya yang ada dalam silabus dan RPP tapi juga mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam materi pelajaran yang sesuai dengan konteks. Karena kurikulum yang digunakan di perguruan Islam Ar-Risalah Air Dingin adalah kurikulum 2013. Nilai-nilai karakter yang diterapkan sudah berdasarkan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.Downloads
Published
2023-02-08
How to Cite
Zulmasri, Z., Yumna, Y., Nurhayati, N., Dahliana, D. ., Ikbal, K. M. ., & Oktavia, V. . (2023). Usaha Pembentukan Karakter Santri: Studi Komparatif Pondok Pesantren Darul Ulum Air Pacah Dengan Perguruan Ar-Risalah Air Dingin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5843–5850. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12195
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zulmasri, Yumna, Nurhayati, Dina Dahliana, Kabil Muhammad Ikbal, Virza Oktavia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).