Implementasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Khususnya Pada Muatan 5 Bidang Studi Utama Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ilham Farid Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reka Yulianti Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10612

Abstract

Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak perubahan. Faktor Perubahan kurikulum tersebut salah satu diantaranya adalah pergantian Menteri pendidikannya. Berganti Menteri berganti pula kurikulum dan kebijakan-kebijakan yang mengikutinya. Nama kurikulumnya berbeda, maka berbeda pula konten di dalamnya dengan ciri khas yang dimaknai pada kurikulum tersebut, setiap kurikulum memiliki karakteristik tersendiri. namun ada persamaan salah satunya yaitu muatan pelajarannya yang terdiri dari 5 bidang studi utama yaitu, PPKn, Bahasa Indonesia, IPA IPS dan Matematika. Ke 5 mata pelajaran tersebut selalu menjadi komponen utama. Muatan 5 bidang studi ini, dalam pengimplementasinya disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Implementasi kurikulum memerlukan Kerjasama dan dukungan yang baik dari kepala sekolah, para guru dan peserta didik. Implementasi kurikulum memiliki tiga tahapan yaitu, pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Guru merupakan subjek utama dalam pengimplementasian kurikulum, oleh karenanya harus ditunjang dengan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, salah satunya adalah kompetensi pedagogic yaitu kemampuan dalam mengajar dan mendidik. Implementasi kurikulum dapar berjalan dengan baik, jika ada Kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang terlibat untuk memajukan Pendidikan di Indonesia. Perubahan kurikulum dapat dijadikan pengalaman untuk terus belajar menghadapi tantangan zaman pada masa kini dan yang akan datang. Pembentukan karakter pada diri siswa diharapkan sesuai dengan pengimplementasian kurikulum di sekolah.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Farid, I. ., Yulianti, R. ., & Nulhakim, L. . (2022). Implementasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Khususnya Pada Muatan 5 Bidang Studi Utama Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12753–12759. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10612

Most read articles by the same author(s)