Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Karya Wisata Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Reka Yulianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10195

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan metode karya wisata dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN Karang Anyar 1 dalam menulis puisi 2) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan metode karya wisata siswa kelas VI SDN Karang Anyar 1 dalam menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode karya wisata guna kesulitan siswa dakam menulis puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dikelas VI SD Negeri Karang Anyar. Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus pada setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: Rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian akhir menunjukan bahwa setelah menggunakan metode karya wisata pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menuilis puisi. ternyata mangalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya yaitu pra siklus sebesar 47,17 siklus I sebesar 59,78 siklus II sebesar 62,82 dan siklus III sebesar 73,69. berdasarkan data tersebut maka peneliti berhasil mengatasi kesulitan siswa dalam menulis puisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam menulis puisi.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Yulianti, R. ., & Jamaludin, U. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Karya Wisata Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11057–11062. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10195