Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Sd

Authors

  • Desi Pristiwanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Bai Badariah Universitas Sultan Agung Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Agung Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10057

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum memegang kedudukan penting dalam penyelenggaraan praktik Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan kompetensi yang dimiliki oleh guru implementasinya dalam pengembangan kurikulum. Kompetensi guru itu antara lain kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Untuk itu guru harus bekerja secara profesional sesuai standar kompetensi guru di Indonesia. Guru sebagai faktor kunci dalam dunia pendidikan tentu harus siap dan mampu mengikuti perkembangan IPTEK terutama yang berkaitan dalam dunia pendidikan. Agar tercapai prestasi belajar peserta didik yang tinggi, tentu didukung oleh kurikulum yang bagus, karena kurikulum memegang peranan penting bagi pembentukkan dan perkembangan karakter anak bangsa. Guru pelaku kurikulum di lapangan, untuk itu guru benar-benar dituntut bekerja secara kreatif, inovatif, dan profesional Kata Kunci : Kompetensi, Kurikulum, Pengembangan

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., & Nulhakim, L. . (2022). Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Sd . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10621–10625. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10057