Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Frankie Jantje Hendrikus Taroreh Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A.M. Rawis Universitas Negeri Manado
  • Meisie Lenny Mangantes Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10061

Abstract

Supervisi Pendidikan khususnya supervise kelas sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang nantinya akan membawa pengaruh pada kualitas hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanaan supervisi pendidikan di masa pandemi covid-19, indikator penting mana yang perlu disupervisi, dan bagaimana cara supervisor melaksanakan kegiatan supervisi kelas secara efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, data kualitatif berupa mekanisme pelaksanaan supervisi kelas. Data dianalisis menggunakan Model Miles dan Huberman dimana aktivitas dalam analisis data adalah data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menyatakan bahwa mekanisme pelaksanaan supervisi kelas di masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan telah menggunakan Instrumen supervisi kelas yang terstandarisasi, yang menjunjung tinggi objektivitas, transparansi dan akuntabilitas. Indikator penting yang akan disupervisi dicantumkan dalam instrumen supervisi kelas yang dipergunakan. Supervisor menggunakan pendekatan humanistic kepada dosen yang disupervisi.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Taroreh, F. J. H. ., Tambingon, H. N. ., Rawis, J. A. ., & Mangantes, M. L. . (2022). Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10491–10497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10061

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2