Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V di SDN Sindangkasih 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10050Abstract
Tujuan penelitian ini, yakni menjelaskan: 1) implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan; 2) kendala dalam implementasi pembelajaran peduli lingkungan; 3) kiat-kiat untuk mendukung keberhasilan pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi pustaka yang berisi tentang teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: 1) perencanaan pembelajaran yang terintegrasi penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang terintegrasi penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan. Guru mengintegrasikan nilai peduli lingkungan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dan mengatur kelas agar pelaksanaan karakter peduli lingkungan dapat berjalan denganbaik. 3) Penilaian pembelajaran yang terintegrasi pencapaian karakter peduli lingkungan melalui pembiasaan-pembiasaan positif baik di rumah, di sekolah, maupun masyarakat. Adapun kendala berupa rendahnya pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan, fasilitas kurang memadai serta ketidaktegasan aturan yang dibuat oleh pihak sekolah. Kiat-kiat untuk mendukung keberhasilan pendidikan peduli lingkungan yakni: 1) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan di sekolah; 2) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; dan 3) pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dapat berjalan dengan baik apabila adanya kerja antara komponen penting dalam pendidikan yakni guru, siswa, orang tua, maupun masyarakat.Downloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Muharam, A. ., Mustikaati, W. ., Rosafina, M. ., Septiani, N. ., & Rofatannuroh, R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V di SDN Sindangkasih 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10417–10426. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10050
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Agus Muharam, Wina Mustikaati, Mega Rosafina, Nevi Septiani, Rofatannuroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).