PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERORIENTASI PROBLEM-BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IA 1 SMA NEGERI 2 MAUMERE

Authors

  • hendrikus hadir SMA Negeri 2 Maumere

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.899

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Problem Based Instruction, , Hasil Belajar Siswa

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Berorientasi Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IA 1 SMA Negeri 2 Maumere Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Berorientasi PBI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar kimia yang meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotorik, selain juga aktivitas belajar dan keterampilan proses sains siswa, serta kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa berturut-turut adalah 70,33 , 80,63 dan 89,88. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dengan skor rata-rata 65,21 pada siklus I naik menjadi 75,88 pada siklus II serta meningkat pada siklus III menjadi 85,05. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Berorientasi PBI dapat meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar siswa.

References

Abdullah, Muhtadi. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Topik Wujud Zat Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Tesis: Tidak diterbitkan.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Maretnowati, D. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Sistem Koloid Melalui Pendekatan Problem Based Instruction (PBI) dengan Menggunakan Kartu Masalah di Kelas XI Semester 2 SMAN I KarangPandan Tahun Pelajaran 2006/2007.Skripsi: Tidak diterbitkan.

Mansur, S dan Loli. M.P.P. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII dengan Model Guide Note Taking di SMP San Karlos Habi. Uin Raden Intan Lampung. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi. 10 (1): 21-28. DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i1.3990

Shofa, A. 2008. Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Kimia Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi: Tidak diterbitkan

Sudarman. 2007. Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. dalam http://jurnalipi.wordpress. com/2007/10/01/sudarman/?referer=sphere related content/ (diunduh tanggal 28-06-2008

S, M., & Bare, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 84-89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298

S, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 74-80. https://doi.org/10.29405/j.bes/2174-801314

Downloads

Published

2020-09-09