Pengembangan E-modul Berbasis Problem Solving dan Karakter Kelas V Peristiwa dalam Kehidupan di SD Negeri Kliwonan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7578Abstract
E-Modul merupakan salah satu media dan bahan ajar yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan E-Modul berbasis problem solving dan karakter kelas V peristiwa dalam kehidupan di SD Negeri Kliwonan. Metode yang digunakan RnD dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian yaitu menghasilkan produk sesuai dengan prosedur pengembangan dan hasil kelayakan ditinjau dari beberapa aspek meliputi: a) aspek kevalidan memperoleh persentase 89,1%, b) aspek kepraktisan dari angket respon peserta didik memperoleh persentase 90,25% dan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 83,3%, c) aspek keefektifan memperoleh persentase 90%. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis problem solving dan karakter karakter kelas V peristiwa dalam kehidupan di SD Negeri Kliwonan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar.Downloads
Published
2022-10-26
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dewi Setya Ningrum, Arum Ratnaningsih, Nur Ngazizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).