Pengembangan E-modul Berbasis Problem Solving dan Karakter Kelas V Peristiwa dalam Kehidupan di SD Negeri Kliwonan

Authors

  • Dewi Setya Ningrum Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7578

Abstract

E-Modul merupakan salah satu media dan bahan ajar yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan E-Modul berbasis problem solving dan karakter kelas V peristiwa dalam kehidupan di SD Negeri Kliwonan. Metode yang digunakan RnD dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian yaitu menghasilkan produk sesuai dengan prosedur pengembangan dan hasil kelayakan ditinjau dari beberapa aspek meliputi: a) aspek kevalidan memperoleh persentase 89,1%, b) aspek kepraktisan dari angket respon peserta didik memperoleh persentase 90,25% dan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 83,3%, c) aspek keefektifan memperoleh persentase 90%. Berdasarkan kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis problem solving dan karakter karakter kelas V peristiwa dalam kehidupan di SD Negeri Kliwonan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-10-26