DAMPAK EFIKASI DIRI TERHADAP PROSES & HASIL BELAJAR MATEMATIKA (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes)

Authors

  • Wahyu Fitra Ningsih Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau
  • Isnaria Rizki Hayati Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514

Keywords:

Efikasi diri, Proses, Hasil, Matematika

Abstract

Kompetensi dalam pemecahan masalah matematika tentunya harus dimiliki oleh setiap siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Banyak persepsi di kalangan peserta didik yang menyatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Oleh karena itu dalam hal ini, efikasi diri sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Efikasi diri merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seseorang tentang seberapa besar kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan suatu tugas pembelajaran. Siswa dengan efikasi diri yang baik akan berhasil dalam pencapaian hasil kegiatan belajarnya, dan sebaliknya siswa dengan efikasi diri yang rendah maka hasilnya siswa tersebut akan dengan cepat menyerah dalam proses belajarnya sehingga hasil yang didapat pun tidak akan maksimal. Jadi dari hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa efikasi diri memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.

References

Amir, H. (2016). Kolerasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu, UNIB Scholar Repository, 10(4), 336-342.

Darkonah. (2015). Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMPN 5 Satu Atap Tanjung Brebes, Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Dewi, A. F., Adi Atmoko., & Triyono. (2016). Keefektifan Teknik Self Instruction dalam Konseling Kognitif-Perilaku untuk Meningkatkan Efikasi Diri Sosial Siswa SMKN 2 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 172-178. ISSN: 2548-4311

Fitriana, S., Hisyam, I., dan Suwardi, A. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST, 1 (2), 86-10. ISSN : 2460-1497.

Hendriana, H., & Gida, K. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 153-264. DOI : 10.33603.

Jumalia. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Majene. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.

Khofifah, A., Afrizal, S., & Yarmis, S. (2017). Permasalahan yang Disampaikan Siswa Kepada Guru BK/Konselor. Jurnal education, 3(1), 45-52. ISSN : 2476-9886

Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219-226. E-ISSN : 2656-4734. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan dan Self Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76-87. DOI : http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v3il.10403.

Septiani, T., Muhammad Abdussalam, H., Heris, H., & Ika, W.A. (2018). Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 185-192. DOI : 10.22460

Somawati. (2018). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Metematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 39-45. DOI : https://doi.org/10.29210/118800.

Sopiyah. (2016). Peningkatan Self-Efficacy Pada Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 1(2), 26-28. DOI : http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i2.103.

Subaidi, A. (2016). Self-Eficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sigma, 1(2), 64-68.

Sunawan., Sugesti, Y., Ahmad, Y., Trubus, I. K., Catharina, T. A., Mulawarman., & Afriyadi, S. (2017). Dampak Efikasi Diri Terhadap Beban Kognitif dalam Pembelajaran Matematika dengan Emosi Akademik Sebagai Mediator. Jurnal Psikologi, 44(1), 28-38. DOI : 10.22146.

Wahyuni, S. D. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Cara Belajar, Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru dan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN di Kota Palu. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, 2(2), 21-42. ISSN : 2303-0992.

Widyastuti., Agung, P. W., Wayan, R., dan Rini Rita T. Marpaung., (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83-100. ISSN : 1978-0044.

Downloads

Published

2020-02-18