PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SEKOLAH INKLUSIF

Authors

  • Maria Ulva Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512

Keywords:

Anak bekebutuhan khusus, sekolah regular, kesulitan matematika

Abstract

Pertumbuhan anak berkebutuhan khusus di Indonesia dewasa ini sangat cepat, sehingga pelayanan pendidikan yang diharapkan oleh orang tua belum bisa terpenuhi dengan baik. Akibatnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengikuti pendidikan di sekolah reguler yang tidak memberikan perhatian secara khusus pada semua anak didiknya. Matematika telah diperkenalkan secara resmi pada anak didik di awal sekolahnya demikian juga dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di dalamnya. Kesulitan matematika adalah hambatan atau gangguan belajar pada anak yang ditandai oleh ketidak mampuan anak untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang mengalami kesulitan dapat diketahui melalui kriteria-kriteria yang sebenarnya merupakan indikator terjadinya kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) saat proses pembelajaran matematika berlangsung, yang selanjutnya guru dapat mengambil langkah-langkah perbaikan yang tepat untuk proses belajar mengajar. Namun pengetahuan matematika muncul ketika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengerjakan sesuatu dengan aktivitas fisik, seperti menyusun blok puzle dan mengurutkan benda sesuai ukuran. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga dapat memperoleh pengetahuan matematika walaupun sangat terbatas. Sehingga anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tersebut dapat menerima pelajaran sesuai dengan kemampuan mereka dan diberikan bimbingan sesuai dengan hak yang seharusnya mereka dapatkan sehingga dapat mencapai kemampuan optimal.

References

Aisah, S. Pd. 2019. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Ii Sdn Unggulan Melalui Metode Full Inclusion. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.6. No.1.

Amreta, Midya Yuli. 2017. Analisis Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Slow Learners (Penelitian Dilakukan Di SDN Sumurjalak Plumpang Tuban). Jurnal Pendidikan Islam. Vol.2. No.2.

Aziz, Alivian Nur, Sugiman & Ardhi Prabowo. 2015. Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Negeri 7 Salatiga. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol.6. No.2.

Fatimah, Umi & Syariful Fahmi. 2018. Deskripsi Analisis Kesulitan Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner Kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD. Vol.2. No.1.

Febriyanti, Chatarina & Mohammad Lutfi Nugraha. 2017. Kesulitan Pembelajaran Matematika Sekolah Inklusif Untuk Anak ABK . Jurnal SAP. Vol.2. No.2.

Hadi, Arnasari Merdekawati. 2018. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Memahami Bangun Datar Berdasarkan Teori Van Hiele Di Smplb B-D Kota Bima. Jurnal Prosiding Silogisme Universitas PGRI Madiun

Indah, Noor A. 2017. Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus(Autisme) DiKelas V SDN Merjosari 04 Kota Malang. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Kamid. 2011. Pemerolehan Pengetahuan Matematika Bagi Siswa Autis Pada Permulaan Bangku Sekolah. Jurnal Edumatica. Vol. 1. No.2.

Kristanti, Dian. & Sri Julia. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU. Vol.4. No.1.

Liana, Erni. 2017. Upaya Guru Untuk Mengatasi Kesulitan Belahar Anak Berkebutuhan Khusus Di Mi Islahul Mutaallim Karang Genteng Pagutann Kota Mataram. Skripsi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah PGMI.

Liana, Fajar. 2017. Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Penyandang Autis Jenjang SDLB Pada Pembelajaran Matematika Di SLB Negri Metro. Skripsi FKIP Matematika.

Narendra, Yusuf. 2013. Strategi Pembelajaran Matematika Pada Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Studi Kasus Di Sekolah Mitra Ananda Colomadu Karanganyar). Naskah publikasi Pendidikan Matemaika FKIP UMS.

Prasetya, Aditya Gita. 2016. Pembelajaran Matematika Bagi Anak Autis Kelas Iii Di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi Studi Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta.

Sandewita, Nova. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Oleh Guru Kelas Terhadap Siswa Autisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 4. No. 3.

Setiawani, Susi, Hobri & Hendrik Cahyo Wibowo . 2017. Proses Berpikir Siswa Autis Dalam Menyelesaikan Soal Kontektual Matematika Dilihat Dari Teori Suryabrata. Jurnal Kadikma. Vol.8. No. 2.

Downloads

Published

2020-02-18