MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERINTEGRASI KEISLAMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511Keywords:
Membangun Karakter, Pembelajaran Matematika, berintegrasi nilai-nilai KeislamanAbstract
Tujuan pendidikan Indonesia tercantum dalam undang-undang no. 20 Tahun 2003. Menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kecerdasarn intelektual dan kecerdasan spiritual seperti beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehingga dapat menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran seorang guru dalam membagun karakter siswa agar memilki karakter atau akhlak yang mulia. Namun, dalam hal ini bukan saja tugas seorang guru bimbingan dan konseling tetapi tugas semua guru yang ada di sekolah tersebut, termasuk guru mata pelajaran. Salah satu saran yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah bahan ajar. Peran seorang pendidik harus memperhatikan kelayakn bahan ajar yang berintegrasi keislaman sehingga nantinya peseta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual. Membangun karakter siswa juga dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika dengan cara melakukan pembelajaran matematika dengan mengaitkanya dengan nilai-nilai keislaman.References
Abdussaki. 2014. Matematika dalam Islam. Malang: Unit Penerbitan UIN
Maulana Malik Ibrahim.
Agung Hartoyo.2015.Pembinaan Karakter Dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 8-21.
Annisah Kurniati. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis
Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. 4 (1), 44-58.
Fadlun. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Yang Terintegrasi
Nilai Keislaman Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII Sekolah
Menengah Pertama, Skripsi, 1-131.
Helian Dessi Kusumawati dan muhammad Aminudin. 2019. Menanamkan
Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika dengan
Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa SMA Negeri ! Ungkaran. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2 (2), 88-97.
Heris Hendriana. 2014. Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui
Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA 19
(1) 52-60.
Linda Ayu Lovenidianan dan Endah Budi Rahaja. 2014. Kemampuan
Komunikasi Matematika Pada Penerapan Pembelajaran Aktif Team
Quis Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemtika. 3 (3),
-207.
Mahyudin Barni. 2019. Tantangan Pendidik Di Era Milenial. Jurnal
Transformatif. 3 (1). 111-116.
Maxinus Jaeng. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan
Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (3), 15-25.
Meri Andriani dan Zubaidah Amir. 2019. Membangun Self-Confidence
Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal
Matematika. 2 (2), 147-153.
Muhammad Guntur, Arif Muchyidin, dan Widodo Winarso. 2017. Pengaruh
Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik
Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal eduma. 6 (1), 43-51.
Nanang Supriadi. 2015. Membangun Kemampuan Koneksi Matematika
Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BEI) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman.
Nurdyansyah. 2018. Peningkatan Moral Berbasis Islamic Math Crachter. Skripsi.
Rahmi. 2013. Kontribus Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa.
Jurnal Ekotrans.12 (1), 31-38.