MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERINTEGRASI KEISLAMAN

Authors

  • Indun Ariningsih Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511

Keywords:

Membangun Karakter, Pembelajaran Matematika, berintegrasi nilai-nilai Keislaman

Abstract

Tujuan pendidikan Indonesia tercantum dalam undang-undang no. 20 Tahun 2003. Menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kecerdasarn intelektual dan kecerdasan spiritual seperti beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehingga dapat menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran seorang guru dalam membagun karakter siswa agar memilki karakter atau akhlak yang mulia. Namun, dalam hal ini bukan saja tugas seorang guru bimbingan dan konseling tetapi tugas semua guru yang ada di sekolah tersebut, termasuk guru mata pelajaran. Salah satu saran yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah bahan ajar. Peran seorang pendidik harus memperhatikan kelayakn bahan ajar yang berintegrasi keislaman sehingga nantinya peseta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual. Membangun karakter siswa juga dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika dengan cara melakukan pembelajaran matematika dengan mengaitkanya dengan nilai-nilai keislaman.

References

Abdussaki. 2014. Matematika dalam Islam. Malang: Unit Penerbitan UIN

Maulana Malik Ibrahim.

Agung Hartoyo.2015.Pembinaan Karakter Dalam Pembelajaran

Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 8-21.

Annisah Kurniati. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis

Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. 4 (1), 44-58.

Fadlun. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Yang Terintegrasi

Nilai Keislaman Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII Sekolah

Menengah Pertama, Skripsi, 1-131.

Helian Dessi Kusumawati dan muhammad Aminudin. 2019. Menanamkan

Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika dengan

Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa SMA Negeri ! Ungkaran. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2 (2), 88-97.

Heris Hendriana. 2014. Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui

Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA 19

(1) 52-60.

Linda Ayu Lovenidianan dan Endah Budi Rahaja. 2014. Kemampuan

Komunikasi Matematika Pada Penerapan Pembelajaran Aktif Team

Quis Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemtika. 3 (3),

-207.

Mahyudin Barni. 2019. Tantangan Pendidik Di Era Milenial. Jurnal

Transformatif. 3 (1). 111-116.

Maxinus Jaeng. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan

Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (3), 15-25.

Meri Andriani dan Zubaidah Amir. 2019. Membangun Self-Confidence

Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal

Matematika. 2 (2), 147-153.

Muhammad Guntur, Arif Muchyidin, dan Widodo Winarso. 2017. Pengaruh

Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik

Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal eduma. 6 (1), 43-51.

Nanang Supriadi. 2015. Membangun Kemampuan Koneksi Matematika

Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BEI) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman.

Nurdyansyah. 2018. Peningkatan Moral Berbasis Islamic Math Crachter. Skripsi.

Rahmi. 2013. Kontribus Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa.

Jurnal Ekotrans.12 (1), 31-38.

Downloads

Published

2020-02-18