Analisis Penerapan Flipped Learning dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4984Abstract
Teknologi digital berkembang pesat dan sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan model pembelajaran flipped learning menjadi solusi bagi peserta didik agar dapat mengakses sumber belajar pada ruang dan waktu yang tidak terbatas. Model flipped learning terdiri dari tiga kegiatan yaitu pre-class, in class dan out of class. Penelitian ini menggunakan metode literature review terhadap 10 artikel dalam 6 tahun terakhir. Sumber data yaitu jurnal ilmiah dalam database Google Scholar dan situs jurnal lainnya yang relevan. Teknik analisis data dengan cara menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan data secara deskripsi. Hasil yang didapatkan terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mendukung yaitu pembelajaran flipped learning dan media multimedia interaktif. Selain itu, flipped learning berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar. Hal ini disebabkan juga oleh faktor lain yang mendukung yaitu pembelajaran flipped learning dan media pembelajaran interaktif (live worksheet, interactive notebooks, video pembelajaran).Downloads
Published
2022-06-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).