Pelatihan dan Pengembangan Metode Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan Inquiry-Based Open Resource di MAN 1 Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i4.48516Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelatihan dan pengembangan metode pembelajaran inquiry dengan pendekatan Inquiry-Based Open Resource (IBOR) dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 1 Simalungun pada tahun 2025. Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk lebih adaptif, kreatif, dan mampu memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan IBOR memberikan ruang kepada guru dan siswa untuk mengakses, memodifikasi, dan mengembangkan sumber belajar terbuka yang relevan dengan kebutuhan lokal dan konteks pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran inquiry dan keterampilan dalam memanfaatkan sumber terbuka. Selain itu, guru lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran yang menumbuhkan rasa ingin tahu, berpikir kritis, dan kemandirian belajar peserta didik. Pelatihan ini juga berdampak positif terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara lebih efektif dan bermakna di kelas.Downloads
Published
2025-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Andres M. Ginting, Asnewastri Asnewastri, Ahmad Fakhri Hutauruk, Jalatua H. Hasugian, Satria Chandra, Elvira Khairunnisa, Helma Lia Suci, Hebirkanta Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).