Pelatihan dan Pengembangan Metode Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan Inquiry-Based Open Resource di MAN 1 Simalungun

Authors

  • Andres M. Ginting Universitas Simalungun
  • Asnewastri Asnewastri
  • Ahmad Fakhri Hutauruk Universitas Simalungun
  • Jalatua H. Hasugian Universitas Simalungun
  • Satria Chandra Universitas Simalungun
  • Elvira Khairunnisa Universitas Simalungun
  • Helma Lia Suci Universitas Simalungun
  • Hebirkanta Sembiring Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i4.48516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelatihan dan pengembangan metode pembelajaran inquiry dengan pendekatan Inquiry-Based Open Resource (IBOR) dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 1 Simalungun pada tahun 2025. Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk lebih adaptif, kreatif, dan mampu memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan IBOR memberikan ruang kepada guru dan siswa untuk mengakses, memodifikasi, dan mengembangkan sumber belajar terbuka yang relevan dengan kebutuhan lokal dan konteks pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran inquiry dan keterampilan dalam memanfaatkan sumber terbuka. Selain itu, guru lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran yang menumbuhkan rasa ingin tahu, berpikir kritis, dan kemandirian belajar peserta didik. Pelatihan ini juga berdampak positif terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara lebih efektif dan bermakna di kelas.

Downloads

Published

2025-06-30