Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4574Abstract
Literasi numerasi merupakan suatu pemahaman dalam penggunaan simbol dan angka matematika dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pada tahun 2018 berdasarkan hasil PISA yang dirilis OECD tingkat literasi numerasi Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara, hal ini menunjukan bahwa tingkat literasi numerasi Indonesia masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan linear. Penelitian ini dilakukan di SMP PAB 2 Helvetia dengan subjek penetian siswa-siswi kelas VIIIB yang berjumlah 22 orang. jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan literasi numerasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi numerasi dari 22 orang menunjukan kategori sangat baik dengan skor rat-rata 84,7. Tidak terpenuhinya indicator yang disebabkan oleh kesalahan siswa sendiri, antara lain :Tidak menuliskan informasi data yang diketahun dan ditanyakan, Salah dalam menyelesaikan soal, Salah saat menghitung, dan Tidak menuliskan kesimpulan atas hasil jawaban yang diperoleh.Downloads
Published
2022-06-21
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Syahrina Anisa Pulungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).