Pengembangan Aplikasi Interaktif Berbasis Kontekstual Learning Materi Bangun Datar Kelas IV di SD No 2 Sembung Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4422Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rancang bangun dan validitas media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning ini dinyatakan valid dengan hasil: (a) pengembangan yang dilakukan sesuai dengan model ADDIE. (b) review ahli isi pembelajaran memperoleh 90,90% dengan kualifikasi sangat baik. (c) review ahli desain pembelajaran memperoleh 94,25% dengan kualifikasi sangat baik. (d) review ahli media pembelajaran memperoleh 91,07% dengan kualifikasi sangat baik. (e) uji coba perorangan memperoleh 95,45% dengan kualifikasi sangat baik. (f) uji coba kelompok kecil memperoleh 93,43% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasar hasil tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning layak untuk digunakan.Downloads
Published
2022-06-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Ketut Rai Syntya Dewi, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).