Pengembangan Aplikasi Interaktif Berbasis Kontekstual Learning Materi Bangun Datar Kelas IV di SD No 2 Sembung Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung

Authors

  • Ni Ketut Rai Syntya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4422

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rancang bangun dan validitas media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning ini dinyatakan valid dengan hasil: (a) pengembangan yang dilakukan sesuai dengan model ADDIE. (b) review ahli isi pembelajaran memperoleh 90,90% dengan kualifikasi sangat baik. (c) review ahli desain pembelajaran memperoleh 94,25% dengan kualifikasi sangat baik. (d) review ahli media pembelajaran memperoleh 91,07% dengan kualifikasi sangat baik. (e) uji coba perorangan memperoleh 95,45% dengan kualifikasi sangat baik. (f) uji coba kelompok kecil memperoleh 93,43% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasar hasil tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning layak untuk digunakan.

Downloads

Published

2022-06-01