Analisis Tren Penelitian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Tahun 2020-2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i3.43933Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan tren penelitian mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi dari tahun 2020-2023. Fokus utama penelitian ini meliputi pola pemilihan topik penelitian, variabel yang digunakan, metode penelitian yang diterapkan, serta teknik analisis data dalam penyususnan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan bibliometrik untuk pemetaan tren penelitian berdasarkan frekuensi kemunculan kata kunci serta keterkaitan antarvariabel. Data penelitian diperoleh dari repositori Universitas Jambi yang menyimpan skripsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi periode 2020-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung meneliti topik yang berkaitan dengan hasil belajar, motivasi belajar, dan kewirausahaan. Variabel penelitian yang sering digunakan adalah efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan perilaku konsumtif.dalam hal metodologi, pendekatan ex-post fakto merupakan pendekatan yang paling dominan, diikuti oleh pendekatan deskriptif dan survei. Teknik analisis data digunakan berkembang dari analisis deskriptif menuju kombinasi kompleks dengan analisis regresi dan inferensial.Downloads
Published
2025-04-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Julia Putri, Fachruddiansyah Muslim, Romi Kurniadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).