Efektivitas Pembelajaran Simulasi Proteus 8 Professional Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Praktek Instalasi Listrik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4379Abstract
Sejak pemberlakuan anjuran pemerintah terutama pada Pusat Pendidikan (Kemendikbudristek) dimasa pandemi covid 19 tentunya peran perguruan tinggi perlu mensiasati proses kegiatan pembelajaran melalui Work Form Home (WFH). Bagi para dosen tentunya menjadi tantangan terbesar terutama dalam menginovasikan dan menjadikan pembelajaran efektif tepat sasaran melalui WFH. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran dengan simulasi proteus 8 professional berbantuan berbantuan virtual laboratory untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pembelajaran praktek instalasi listrik. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest control group. Populasi yang diambil semester genap mata kuliah praktek instalasi listrik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Perolehan data diambil melalui analisis inferensial Mann Whitney U dan Gain Score. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian disimpulkan pembelajaran simulasi proteus 8 professional berbantuan berbantuan virtual laboratory pada praktek instalasi listrik cukup efektif secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pembelajaran.Downloads
Published
2022-06-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 ridwan ridwan, Mutiara Nurmanita, Nontje Marie Sangi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).