Hubungan Interpersonal dalam Perkembangan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.40404Abstract
Hubungan interpersonal merupakan aspek penting dalam perkembangan remaja, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti media sosial, empati, perilaku prososial, dan lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika hubungan interpersonal pada remaja, dampak penggunaan media sosial, serta faktor-faktor yang memengaruhi kualitas hubungan tersebut. Metode penelitian menggunakan tinjauan literatur dengan menganalisis temuan penelitian terdahulu. Hasil menunjukkan bahwa media sosial dapat memperluas jaringan sosial remaja, tetapi penggunaannya yang berlebihan berpotensi menurunkan kualitas komunikasi tatap muka. Selain itu, empati dan perilaku prososial memainkan peran kunci dalam membangun hubungan interpersonal yang harmonis. Lingkungan sosial yang mendukung, seperti keluarga atau panti asuhan, terbukti membantu remaja mengembangkan keterampilan interpersonal yang baik. Oleh karena itu, pendekatan yang terintegrasi diperlukan untuk membangun ekosistem yang mendukung hubungan interpersonal yang sehat pada remaja.Downloads
Published
2025-01-14
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Nadia Salsabila Lutfha, Neviyarni S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).