Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 19 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.38881Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Siswa kurang bersemangat dalam belajar hal ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah mereka sehingga menyebabkan sasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh kondisi ekonomi dan lingkungan, terhadap hasil belajar siswa SMP 19 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 19 Kota Jambi tahun 2024. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto dan Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh pada 87 siswa kelas 9A, 9B, dan 9C. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Namun, lingkungan sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai R Square sebesar 0,45 (45%), yang berarti lingkungan sekolah dapat menjelaskan 45% variasi dalam hasil belajar siswa SMPN 19 Kota Jambi, sementara 55% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.Downloads
Published
2025-01-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Tari Febriyani, Muhammad Arif Liputo, Novia Sri Dwijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).