Analisis Tantangan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.38501Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tantangan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka khususnya di sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur menggunakan sumber utama dari artikel jurnal serta berbagai referensi lain yang relevan. Hasil penelitian mengungkap berbagai tantangan guru, antara lain kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan sarana dan prasarana, kesulitan dalam merancang metode baru yang sesuai dengan siswa secara individu, serta tantangan dalam mengelola keragaman di kelas. Tantangan lain mencakup keterbatasan pelatihan, kesulitan dalam melakukan penilaian yang adil serta minimnya dukungan dari pihak sekolah. Solusi yang diusulkan untuk mengatasi tantangan ini meliputi pelatihan rutin bagi guru dan dukungan lebih lanjut dari pemerintah dalam penyediaan sarana pendidikan yang memadai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi yang konkret untuk membantu guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif dalam kurikulum merdeka.Downloads
Published
2024-12-03
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).