The Impact of Syntax-Semantics Awareness on English Writing Proficiency in Undergraduate Students
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.37715Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran kesadaran sintaksis-semantik dalam meningkatkan kemahiran menulis bahasa Inggris pada mahasiswa EFL. Dengan pendekatan kualitatif, esai dan wawancara 30 mahasiswa tahun akhir dianalisis untuk mengidentifikasi tantangan umum seperti kesalahan subjek-kata kerja, penyalahgunaan struktur kalimat, dan ambiguitas semantik yang sering diperburuk oleh interferensi L1. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi kuat antara kesadaran sintaksis-semantik dan kualitas tulisan, di mana mahasiswa yang menunjukkan akurasi tata bahasa dan kejelasan semantik yang lebih baik menghasilkan esai yang lebih koheren. Penelitian ini menyarankan penggunaan metode pengajaran berbasis proses, latihan analisis kontrastif, dan tugas menulis kolaboratif sebagai strategi efektif untuk meningkatkan integrasi sintaksis-semantik. Pendekatan ini dapat meningkatkan keterampilan menulis akademis mahasiswa dan membantu mengatasi kesulitan linguistik dalam konteks EFL.Downloads
Published
2024-12-10
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Novita Ritonga, Nabila Zuhairya, Gadis Anggun Fitrah, Fazlur Rahman, M. Farhan Dwiki Nanda, Siti Ismahani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).