Analysis of Internal Motivation and External Motivation Factors Affecting English Learning Difficulties in Midwifery Undergraduate Students at Universitas Adurrab

Authors

  • Neni Triana Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.37584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Inggris pada mahasiswa S1 Kebidanan di Universitas Abdurrab.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar Bahasa Inggris pada Mahasiswa Kebidanan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan terbuka dan tertutup mengenai faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Inggris. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal yang mempengaruhi motivasai belajar siswa adalah keinginan dari diri sendiri siswa untuk belajar Bahasa Inggris, keinginan memahami literatur medis dan jurnal internasional,belajar Bahasa inggris untuk meningkatkan prospek karier,karena suka belajar dan percaya diri yang tinggi menggunakan Bahasa inggris untuk berkomunikasi. Kemudian Faktor motivasi eksternal yang mempengaruhi siswa dalam belajar Bahasa inggris adalah pengaruh dosen pengaruh ,teman sekelas, pengaruh keluarga, mata kuliah yang wajib yang mesti diambil dan tuntutan faktor klinis untuk komunikasi dengan pasien.

Downloads

Published

2024-12-10