Kefektifan Layanan Informasi dengan Menggunakan Teknik Bercerita dalam Menumbuhkan Sikap Percaya Diri pada Siswa MAN Kisaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.37580Abstract
Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling terutama pada layanan informasi dan Keefektifan layanan informasi dengan menggunakan Teknik Bercerita dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa MAN Kisaran. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Bimbingan Konseling dan siswa MAN Kisaran. Penelitian ini dilakukan melalui kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap Keefektifan layanan informasi dengan menggunakan Teknik Bercerita dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa MAN Kisaran. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil Guru Bimbingan Konseling berperan sebagai motivator. Kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru Bimbingan Konseling dengan memberikan layanan informasi dengan menggunakan teknik bercerita dalam menumbuhkan rasa percaya diri guna memperoleh hasil belajar siswa yang baik.Downloads
Published
2024-09-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).