Kefektifan Layanan Informasi dengan Menggunakan Teknik Bercerita dalam Menumbuhkan Sikap Percaya Diri pada Siswa MAN Kisaran

Authors

  • Budi Satria Wijaya STAI Al-Hikmah Medan
  • Dahraini Hannum Daulay STAI Al-Hikmah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.37580

Abstract

Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling terutama pada layanan informasi dan Keefektifan layanan informasi dengan menggunakan Teknik Bercerita dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa MAN Kisaran. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Bimbingan Konseling dan siswa MAN Kisaran. Penelitian ini dilakukan melalui kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap Keefektifan layanan informasi dengan menggunakan Teknik Bercerita dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa MAN Kisaran. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil Guru Bimbingan Konseling berperan sebagai motivator. Kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru Bimbingan Konseling dengan memberikan layanan informasi dengan menggunakan teknik bercerita dalam menumbuhkan rasa percaya diri guna memperoleh hasil belajar siswa yang baik.

Downloads

Published

2024-09-30