Pengaruh Teknologi Digital dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan di sekolah memiliki tujuan di keberhasilan proses belajar. Salah satu cara agar pembelajaran berhasil, guru harus membimbing siswa dengan baik sehingga mereka dapat mengembangkan pengetahuan sesuai dengan bidang pebelajaran yang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi digital dan literasi digital terhadap hasil belajar siswa di SMAN 4 Kota. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 4 Kota Jambi sebanyak 95 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan google form. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknologi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel = 60,69>1,660 dan nilai sig 0,000<0,05. Variabel literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig lebih besar dibanding 0,05 atau 0.000< 0.05, dan nilai thitung>ttabel = 13,23>1,660.Downloads
Published
2025-01-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Resliana Resliana, Fachruddiansyah Muslim, Hidayatul Arief

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).