Motivational Teaching Practices (MTP) dalam Pengajaran Anak Usia Dini Pasca Pandemi

Authors

  • Amin Yusi Nur Sa’ida Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.3712

Abstract

Studi kepustakaan ini menganalisa bagaimana sebaiknya guru dalam memotivasi anak dalam pembelajaran. Mengingat memotivasi dan peran guru adalah komponen penting dalam pembelajaran dan interaksi anak di sekolah. Data dikumpulkan dengan mengumpulkan berbagai sumber data yang mendukung permasalahan yang kemudian dianalisa dengan content analysis. Penelitian ini menggambarkan bahwa pandemi merubah pola dan kebiasaan anak usia dini belajar. Saat sekolah tatap muka dimulai, banyak anak-anak yang tidak siap untuk mengikuti pembelajaran langsung. Hal ini membutuhkan kemampuan guru dalam memotivasi anak, salah satunya dengan Motivational Teaching Practices yang terdiri dari komponen menciptakan komponen motivasi dasar, membangkitkan motivasi siswa, mendorong positif evaluasi diri retrospektif dan memelihara dan melindungi motivasi. Setiap komponen membutuhkan tindakan guru untuk memotivasi siswa. Namun, karakter, lingkungan, dan siswa yang berbeda-beda, kompetensi guru juga berpengaruh terhadap motivasi siswa.

Downloads

Published

2021-09-30