Pengaruh Corong Berhitung terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SD

Authors

  • Asih Puspita Sari Universitas PGRI Palembang
  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang
  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.37001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap motivasi belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan sampai 50 menggunakan media corong berhitung di kelas II SD N 077 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian pra eksperimen. Populasi penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini adalah sampel jenuh. Rancangan perlakuan yaitu one grup posttes dan pretest desing. Teknik pengambilan data berupa angket. Teknik pengambilan data paired sampel T-test berdasarkan analisis data didapatkan nilai signifikan adalah 0,000<0,05. Jadi jika nilai signifikan <0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap motivasi peserta didik terhadap pembelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-12-10