Pengembangan Peta Konsep Digital Berbasis Problem Solving Subtema Sumber Energi Kelas III SD Negeri Pekutan

Authors

  • Lukman Hakim Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.33569

Abstract

Penggunaan peta konsep digital berbasis problem solving cocok diterapkan dalam pembelajaran pada masa digital, menumbuhkan dan mengasah berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pekutan pada bulan April-Juni 2024. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan peta konsep digital berbasis problem solving subtema sumber energi kelas III SD Negeri Pekutan, (2) mengetahui kelayakan peta konsep digital berbasis problem solving subtema sumber energi Kelas III SD Negeri Pekutan. Penelitian metode R&D menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap yaitu analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Metode analisis yang digunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) produk pengembangan peta konsep digital berbasis problem solving yang dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran, (2) hasil validasi kelayakan Peta Konsep Digital diperoleh rata-rata 3.8 dengan kriteria sangat layak dari tiga validator. Hasil validasi mendapatkan kriteria sangat reliabel. Peta Konsep Digital berbasis problem solving layak digunakan pada pembelajaran di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-09-09