Pengaruh FOMO, Sales Promotion dan E-WOM Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna Situs Online Shop

Authors

  • Triyola Agustina Universitas Jambi
  • Muhammad Arif Liputo Universitas Jambi
  • Iwan Putra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.31257

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dimana meningkatnya perilaku Impulsive Buying yang dilakukan oleh mahasiswa. Hal ini disebabkan karena  adanya dorongan stimulus yang diterima, yaitu berupa perilaku FOMO, Sales Promotion dan E-WOM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh FOMO, Sales Promotion dan E-WOM terhadap Impulsive Buying pada pengguna situs Online Shop baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2021, 2022 dan 2023 dengan sampel sebanyak 180 orang dan diambil secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan alat bantu google form. Teknik analis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel FOMO berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Secara parsial variabel Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Secara parsial variabel E-WOM tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan terhadap Impulsive Buying. Secara simultan FOMO, Sales Promotion and E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying.

Downloads

Published

2024-09-02