Pengaruh FOMO, Sales Promotion dan E-WOM Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna Situs Online Shop
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.31257Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dimana meningkatnya perilaku Impulsive Buying yang dilakukan oleh mahasiswa. Hal ini disebabkan karena adanya dorongan stimulus yang diterima, yaitu berupa perilaku FOMO, Sales Promotion dan E-WOM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh FOMO, Sales Promotion dan E-WOM terhadap Impulsive Buying pada pengguna situs Online Shop baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2021, 2022 dan 2023 dengan sampel sebanyak 180 orang dan diambil secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan alat bantu google form. Teknik analis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel FOMO berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Secara parsial variabel Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Secara parsial variabel E-WOM tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan terhadap Impulsive Buying. Secara simultan FOMO, Sales Promotion and E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying.Downloads
Published
2024-09-02
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Triyola Agustina, Muhammad Arif Liputo, Iwan Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).