Pengaruh Prestasi Belajar dan Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2021 Universitas Jambi

Authors

  • Nuzulul Huda Universitas Jambi
  • Refnida Refnida Universitas Jambi
  • Iwan Putra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.31026

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial 2021 yang memiliki prestasi belajar yang baik namun tidak berminat melanjutkan studi s2. Dan banyaknya mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2021 mempertimbangkan untuk minat melanjut studi s2 dengan ekonomi keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu Prestasi Belajar dan Ekonomi Keluarga terhadap minat Melanjutkan Studi s2 pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2021 Universitas Jambi. Berdasarkan analisis regresi, ditemukan bahwa Prestasi Belajar (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 (Y)  dengan thitung sebesar 5,711 dan nilai signifikan 0,000. Sementara itu, Ekonomi Keluarga (X2) tidak memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap Minat Melanjutkan Studi S2, dengan thitung sebesar -11,824 dan nilai signifikan 0,000. Selain itu, analisis simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap variable dependen dengan nilai Fhitung sebesar 115,371 dan nilai signifikan 0,000.

Downloads

Published

2024-12-11