Pengembangan Instrumen Tes Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Aplikasi KAHOOT pada Mata Kuliah Media Pembelajaran dan TIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.30384Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan instrumen tes evaluasi hasil belajar berbasis aplikasi kahoot pada mata kuliah media pembelajaran dan Tik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model 4D, terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Instrumen pengembangan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengembangan instrumen tes evaluasi memperoleh kategori sangat baik berdasarkan validasi ahli materi dengan persentase 93,75%, validasi ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 91,66%, validasi ahli evaluasi diperoleh dengan nilai 90% dan validasi butir soal diperoleh dengan nilai 92,5%. Serta memperoleh kategori sangat baik berdasarkan persepsi dosen mata kuliah dengan nilai 91,66% dan persepsi mahasiswa dengan nilai 84,75%, setelah dilakukan uji coba lapangan.Downloads
Published
2024-08-08
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Tiara Hidayah Putri, Fachruddiansyah Muslim, Hidayatul Arief

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).