Pengembangan Instrumen Tes Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Aplikasi KAHOOT pada Mata Kuliah Media Pembelajaran dan TIK

Authors

  • Tiara Hidayah Putri Universitas Jambi
  • Fachruddiansyah Muslim Universitas Jambi
  • Hidayatul Arief Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.30384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan instrumen tes evaluasi hasil belajar berbasis aplikasi kahoot pada mata kuliah media pembelajaran dan Tik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang merujuk pada model 4D, terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Instrumen pengembangan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengembangan instrumen tes evaluasi memperoleh kategori sangat baik berdasarkan validasi ahli materi dengan persentase 93,75%, validasi ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 91,66%, validasi ahli evaluasi diperoleh dengan nilai 90% dan validasi butir soal diperoleh dengan nilai 92,5%. Serta memperoleh kategori sangat baik berdasarkan persepsi dosen mata kuliah dengan nilai 91,66% dan persepsi mahasiswa dengan nilai 84,75%, setelah dilakukan uji coba lapangan.

Downloads

Published

2024-08-08