Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila tentang Makna NKRI pada Siswa Kelas IV SDN Soropadan Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Anis Nurhayati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Wahyu Puspita Sari Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Fikriatul Munawaroh Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Rani Hapsari Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Chumdari Chumdari Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.30154

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila tentang Makna NKRI pada siswa kelas IV SDN Soropadan tahun ajaran 2023/2024 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IV SDN Soropadan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila tentang Makna NKRI dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD Elektronik, presentase hasil belajar pada siklus I sebesar 83% dan siklus II sebesar 91%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Elektronik dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila tentang Makna NKRI pada siswa kelas IV SDN Soropadan tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-06-30