Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Online Shop Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020 Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.29836Abstract
Transformasi digital (digitalisasi) sudah merambah ke hampir seluruh lini kehidupan masyarakat salah satunya pada aktivitas perdagangan. Aktivitas perdagangan pada era digital ini dinyatakan dengan muncul e-commerce, Ketatnya persaingan membuat setiap e-commerce berlomba dalam membuat fitur dan layanan yang efektif, efisien, dan memudahkan untuk meningkatkan angka transaksi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada Toko Online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis faktor. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan di universitas jambi, data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket kepada 70 mahasiswa, setelah mendapatkan data akan di olah menggunakan aplikasi SPSS Versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online yaitu faktor kualitas dengan pengaruh paling dominan dengan variance sebesar 49,489% adapun faktor persepsi dan motivasi dengan variance sebesar 13,555% sedangkan faktor promosi dengan variance sebesar 10,159%.Downloads
Published
2024-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Johansen Torang Mulia Simamora, Fachruddiansyah Muslim, Hidayatul Arief
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).