Perkembangan Pembelajaran Berdiferensasi dalam Kurikulum Merdeka Pada TK Al-Hidayah Kota Jambi

Authors

  • Rosarina Manalu Universitas Jambi
  • Nanda Syavira Universitas Jambi
  • Fitri Andini Universitas Jambi
  • Shella Noprida Yanti Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.28773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan pembelajaran kurikulum merdeka di satuan pendidikan di TK Al-Hidayah Kota Jambi. Pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan murid dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajaranya. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksploratif, penggunaan pendekatan eksploratif salah satu untuk meneliti sesuatu yang menarik perhatian yang belum diketahui, belum dipahami, atau belum dikenal dengan baik sehingga ingin dikaji lebih dalam, biasanya menyangkut fenomena terkini. Hasil kajian tentang Pengembangan Pembelajaran Berdiferensasi dalam kurikulum merdeka TK Al-Hidayah Kota Jambi menunjukan bahwa proses penerapan kurikulum Merdeka perlu adanya kesiapan dan perencanaan yang matang, sekolah ini baru saja menerapkan kurikulum Merdeka. Masih banyak dalam proses pembelajaran baik dalam segi pembuatan alat pengajaran, metode pengajaran, maupun evaluasi. Perbedaan dari kurikulum dahulu ke kurikulum merdeka diharapkan dapat memberikan dampak positif yang mendorong proses pembelajaran terhadap peserta didik maupun pendidik di TK Al-Hidayah Kota jambi.

Downloads

Published

2024-06-19