Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Penerapan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.28114Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan teknik akrostik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, ke observasi, dan refleksi. Hasil tes menulis yang dicapai pada tindakan siklus 1 didapat nilai rata-rata 43,1. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran berdasarkan KKM (> 70) sebanyak 8 orang atau sebesar 25,8%, dan siswa yang belum tuntas sebanyak 23 orang siswa atau sebesar 74,2%. Sedangkan pada tindakan siklus 2 mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 81,3. Siswa yang tuntas sebanyak 29 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 93,5% atau meningkat sebesar 67,7%, secara klasikal siswa dinyatakan tuntas dan terjadi peningkatan. Artinya teknik akrostik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 8 Palembang.Downloads
Published
2024-08-26
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 ST. Fianda Kirana, Salsabila Salsabila, Hetilaniar Hetilaniar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).