Pengaruh Teknologi Digital dan Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi

Authors

  • Elprida Munthe Universitas Jambi
  • Fachruddiansyah Muslim Universitas jambi
  • Mayasari Mayasari Universitas jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.28034

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh teknologi digital dan pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi angaktan 2021,2022 dan 2023 yang berjumlah sebanyak 323 mahasiswa merupakan populasi yang digunakan dalam penelitian ini. Rumus Slovin digunakan dalam penelitian ini untuk menghitung ukuran sampel yang menghasilkan sampel akhir 178 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Metode analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan alat analisis IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan teknologi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dan pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan teknologi digital dan pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.

Downloads

Published

2024-06-30