Pengaruh Teknologi Digital dan Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.28034Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh teknologi digital dan pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi angaktan 2021,2022 dan 2023 yang berjumlah sebanyak 323 mahasiswa merupakan populasi yang digunakan dalam penelitian ini. Rumus Slovin digunakan dalam penelitian ini untuk menghitung ukuran sampel yang menghasilkan sampel akhir 178 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Metode analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan alat analisis IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan teknologi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dan pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan teknologi digital dan pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.Downloads
Published
2024-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Elprida Munthe, Fachruddiansyah Muslim, Mayasari Mayasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).